Articles

Simak Beberapa Poin Penting Berikut, Saat Ingin Membeli Mobil untuk Pertama Kali

Ketika orang membeli mobil pertama kali, kebanyakan lebih fokus pada faktor kebutuhan. Kendati demikian, Anda tetap harus memperhitungkan secara cermat seperti apa kendaraan yang harus Anda beli agar tidak kecewa di kemudian hari.

Bukan itu saja, memiliki mobil pribadi mampu meningkatkan status sosial seseorang. Oleh sebab itu, banyak orang yang rela menghemat pengeluaran demi memenuhi ambisi memiliki mobil yang diinginkan. Jika Anda adalah salah satunya, pastikan pemilihan kendaraan ini benar-benar sesuai agar tidak mengalami kerugian berarti.

Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih mobil bagi pemula yang memang belum pernah sekalipun membeli kendaraan, di antaranya:

Menentukan Tipe Mobil yang Sesuai dengan Aktivitas Sehari-hari

Seperti halnya gadget, mobil juga tersedia dalam berbagai tipe dan merek. Inilah yang kemudian jadi penyebab mengapa masih ada banyak orang kebingungan ketika hendak memilih mobil pertama kali.

Sebenarnya, tipe mobil dibuat sesuai kebutuhan konsumen yang beraneka ragam. Jadi, Anda tidak seharusnya tertarik dengan performa atau model mobil tertentu saja. Coba sesuaikan pilihan tipe berdasarkan aktivitas yang Anda miliki sehingga mobil yang dipilih bisa terasa lebih efektif.

Misalnya, Anda memiliki anggota keluarga cukup banyak sehingga membutuhkan mobil keluarga berukuran sedang dengan tiga baris kursi. Untuk kebutuhan tersebut, Anda disarankan untuk memilih mobil tipe MPV. Akan tetapi jika lebih membutuhkan mobil yang mampu ada di berbagai jenis dan kondisi jalanan, maka pilihan terbaiknya adalah SUV.

Begitu juga ketika Anda membeli kendaraan untuk sekadar bergaya, maka mobil dengan tipe Sedan bisa jadi pilihan paling tepat. Pasalnya, Sedan kurang cocok jika digunakan untuk melewati jalanan yang terjal ataupun dijadikan mobil keluarga karena berkapasitas sedikit.

Pilihlah Kendaraan yang Memiliki Fitur Sesuai Kebutuhan

Fitur berhubungan dengan selera dan juga minat seseorang. Kehadiran fitur yang sesuai dengan selera sudah pasti bakal menambah kenyamanan ketika berkendara menggunakan mobil pertama.

Misalnya untuk Anda yang suka mendengarkan musik, maka fitur paling tepat adalah speaker. Sebab, perangkat satu ini bisa membuat musik yang dinyalakan di dalam mobil terdengar semakin asyik dan nyaman.

Berbeda halnya, jika Anda memiliki bayi atau sering bepergian dengan anak-anak. Fitur paling cocok adalah ISO-FIX yang membuat bayi lebih aman karena Anda bisa mengaitkan kursi bayi di area dudukan belakang. Dengan kata lain, Anda perlu menyesuaikan pemilihan kendaraan ini dengan keinginan sekaligus kebutuhan.

Menentukan Budget Secara Tepat

Berikutnya yang harus diperhatikan saat hendak membeli mobil adalah ketersediaan budget. Ketika ingin membeli mobil secara kredit, setidaknya harus tersedia 20 persen uang dari total harga kendaraan yang diinginkan untuk DP.

Oleh sebab itu, Anda patut mengusahakan untuk tidak membeli kendaraan di atas kemampuan agar tidak memberatkan di kemudian hari. Sebaiknya, susun anggaran keuangan secara matang, di mana prioritas utamanya adalah kebutuhan sehari-hari.

Perhatikan Layanan Purnajual

Pembelian mobil bukan hanya digunakan sekali seumur hidup. Akan tetapi, Anda harus bisa merawatnya dengan baik supaya digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jadi pastikan, Anda sudah tahu seperti apa perawatan dan layanan jaringan mobil tersebut sebelum membelinya.

Salah satu trik merawat mesin mobil agar awet dan tidak gampang rewel adalah menggunakan bahan bakar berkualitas. Apalagi jika Anda menggunakan mobil bermesin diesel.

Pilihan terbaiknya ada pada bahan bakar jenis Dexlite yang memiliki Cetane 51 dan kandungan sulfur kurang dari 1200 ppm. Bukan hanya dijual dengan harga terjangkau, Dexlite juga menjamin mesin terhindar dari kerak, asap hitam dan pastinya tetap bertenaga yang tersedia di seluruh SPBU Pertamina. Jika Anda ingin mengetahui bahan bakar berkualitas lainnya, Anda dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di App Store atau Play Store.

Nah, itu tadi beberapa poin penting ketika Anda ingin memilih mobil pertama kali dalam hidup. Tidak sulit, bukan?