Articles

Lakukan Trik Berikut pada Mobil Tua Anda agar Tetap Irit BBM dan Awet/Tahan Lama

Published at: 13-Oct-2021

Anda mungkin masih mencari cara bagaimana agar mobil tua irit BBM dan murah perawatan. Mobil tua memang masih punya segmen penggemar tersendiri di Indonesia. Alasanya beragam. Ada yang suka karena desain klasik mobil tua, harganya yang lebih terjangkau, hingga ikatan sejarah dengan mobil.

Masalahnya mobil tua pasti mengalami penurunan kinerja mesin. Performanya yang tidak lagi stabil, tidak bisa buat ngebut, dan masih banyak lagi. Kemampuan mobil dalam mengisap bahan bakar biasanya juga semakin boros. Lantas apa yang harus Anda lakukan performa mobil tua terjaga? berikut beberapa cara merawat mobil tua agar lebih terawat sekaligus hemat BBM.

Lakukan Perbaikan pada Nosel yang Mengalami Penyumbatan

Dengan ukuranya yang kecil, Lubang nosel yang diletakkan di dalam mesin injeksi sering kali mengalami penyumbatan. Ada banyak penyebabnya. Salah satunya adalah kotoran yang disebabkan oleh sisa pembakaran tidak sempurna. Terutama bila Anda menggunakan bahan bakar dengan kualitas buruk atau di bawah standar.

Bahan bakar kualitas rendah biasanya meninggalkan berbagai bentuk kotoran. Sisa pembakaran ini lama kelamaan akan mengendap hingga menutup lubang shower. Akibatnya pompa bahan bakar harus menyuplai volume lebih banyak sehingga kendaraan jadi semakin boros.

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan membersihkan bagian nosel. Atau ganti nosel bila memang sudah tak bisa lagi dibersihkan. Pada mobil diesel konvensional, lubang nosel yang tertutup ditandai dengan adanya asap tebal keluar dari knalpot.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Untuk mencegah terjadi penyumbatan akibat sisa pembakaran bahan bakar, Anda disarankan menggunakan bahan bakar yang tepat sesuai rekomendasi pabrik dan berkualitas unggulan. Dengan begitu, Anda tak perlu mengeluarkan dana ekstra hanya untuk memperbaiki berbagai komponen mesin yang rusak.

Salah satu bahan bakar unggulan adalah Pertamax yang bisa Anda dapatkan secara mudah di SPBU Pertamina. Dibekali dengan RON 92, dijamin performa mesin mobil tua Anda akan lebih terjaga dan konsumsi bahan bakar juga lebih efisien. Harganya pun sangat terjangkau, cukup buka www.pertaminafuels.com untuk melihat daftar harga selengkapnya atau dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di smartphone Anda untuk mengetahui SPBU Pertamina terdekat dan bahan bakar berkualitas lainnya dari Pertamina.

Membersihkan Karburator atau Throttle Body Injector

Demi memiliki mobil tua irit BBM dan murah perawatan, Anda juga harus rutin membersihkan karburator atau throttle body injector. Kedua komponen ini memiliki fungsi mencampur udara sekaligus bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Ketika terjadi sumbatan, sudah pasti bakal mengganggu aliran bahan bakar ke ruang bakar. Debit aliran bahan bakar kendaraan pun jadi kurang stabil.

Pihak pabrikan umumnya memberikan semacam buku panduan untuk pemilik yang menjelaskan durasi waktu maksimal untuk melakukan service secara menyeluruh. Saat tiba waktu service tersebut, Anda bisa meminta kepada montir untuk membersihkan bagian karburator atau throttle body injector.

Biasanya, kotoran yang masuk dan mengendap berasal dari debu-debu halus atau yang terbawa dari ruang tangki bensin. Jika kendaraan belum memasuki waktu service, tetapi tarikan terasa bermasalah, coba lakukan Italian Tune Up guna membersihkan saluran bahan bakar. Caranya dengan memacu mobil dalam kondisi putaran mesin cukup tinggi.

Menyesuaikan Kompresi Mesin dengan Kadar Oktan Bahan Bakar

Menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, tetapi tidak sesuai kompresi mesin justru merupakan tindak pemborosan karena harganya jadi lebih mahal. Padahal, tenaga yang dihasilkan belum tentu menunjukkan peningkatan secara signifikan.

Secara garis besar, mengisi mobil tua dengan bahan bakar kadar oktan tinggi dari kebutuhan rasio kompresinya sah-sah saja. Akan tetapi, ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu kendaraan bisa mengubah timing ignition secara otomatis dan tidak melebihi ambang batas.

Perlakuan mobil tua irit BBM dan murah perawatan memang berbeda dibanding dengan mobil keluaran terbaru. Tetapi jika itu adalah mobil kesayangan Anda, sudah pasti Anda akan memberikan yang teerbaik.