Agar Bijak Memilih, Ketahui Plus Minus Menggunakan Ban Mobil yang Berukuran Lebih Besar

plus minus menggunakan ban ukuran lebih besar

Bagi sebagian pemilik mobil, tampilan kendaraan menjadi hal yang utama. Salah satu yang menentukan tampilan mobil yaitu ban. Banyak orang berpikir, jika mengganti ban asli mobil dengan ban yang lebih besar dapat membuat look dari mobil lebih kokoh dan keren.

Sebenarnya hal tersebut wajar-wajar saja dilakukan. Namun, jangan sampai Anda hanya asal memilih ban, tanpa tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari mengganti ban mobil yang lebih besar dari yang seharusnya.

Untuk membantu Anda, berikut informasi plus dan minus dari mengganti ban mobil menjadi yang lebih besar.

Plus Menggunakan Ban Mobil yang Berukuran Lebih Besar

1. Tampilan Mobil Jadi Semakin Gagah

Mengubah ban mobil jadi lebih besar memang akan mengubah tampilan mobil Anda. Kesan yang didapat dari mengganti ban mobil menjadi lebih besar yaitu kendaraan roda empat Anda jadi terlihat lebih gagah dan maskulin. Dengan begini Anda jadi lebih percaya diri saat mengendarainya.

2. Tidak Perlu Takut Ban Akan Terselip

Dengan mengendarai mobil yang punya ban lebih besar akan mempermudah dalam menghadapi setiap medan jalan dan saat melakukan pengereman. Sebagai contoh, saat melewati belokan dengan kecepatan yang tinggi, Anda tidak perlu takut ban jadi terselip.

Minus Menggunakan Ban Mobil yang Berukuran Lebih Besar

1. Harga Jauh Lebih Mahal

Sudah pasti ban yang ukurannya lebih besar, dijual dengan harga yang lebih mahal di pasaran. Hal ini disebabkan karena material yang diperlukan untuk membuatnya jadi lebih banyak.

2. Suara Jadi Lebih Berisik

Bila ban mobil memiliki diameter yang besar akan membuat suara kendaraan lebih berisik. Alasannya karena semakin lebar ban, mobil membuat semakin banyak gesekan yang ditimbulkan ke aspal.

3. Bahan Bakar Jadi Lebih Boros

Mengganti ban biasa dengan telapak ban lebih lebar dari ukuran pabrikannya jadi membuat gesekan permukaan telapak ban dengan permukaan jalan lebih besar. Pasalnya, gesekan yang besar jadi membuat mesin bekerja lebih berat saat ingin menggerakkan mobil. Kondisi tersebut membuat bahan bakar mobil jadi lebih banyak digunakan.

Mempengaruhi Gerak Cepat Mobil

Menggunakan ban mobil yang ukurannya lebih besar juga akan membuat gerak cepat mesin mobil jadi menurun, karena mobil jadi lebih berat sehingga kelincahan mobil jadi berkurang.

Memerlukan Jarak yang Lebih Luas Ketika Ingin Putar Balik

Penggunaan ban yang lebih besar bila tidak dibarengi dengan pengurangan di jarak pijak bisa menambah lebar keseluruhan posisi pada telapak ban dan membuat jarak putar mobil jadi meningkat. Kondisi ini membuat Anda jadi memerlukan jarak yang lebih luas saat ingin putar balik atau berbelok di tikungan yang tajam.

Itu tadi plus minus yang perlu Anda ketahui saat ingin memutuskan mengganti ban mobil ke ukuran yang lebih besar. Semoga dapat membantu Anda menentukan keputusan yang tepat untuk mobil kesayangan. Bila ingin ganti ban mobil ke ukuran yang lebih besar, Anda perlu juga menyesuaikan dengan bahan bakar yang memiliki kompresi sesuai.

Tujuannya untuk mendukung pembakaran yang lebih baik dan lebih hemat. Salah satu contoh yang bisa dipilih yaitu Pertamax Turbo yang mempunyai oktan tinggi sehingga pembakaran dan performa mesin yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Selain itu, RON 98 yang dimiliki Pertamax Turbo akan menjaga mesin dari karat, sehingga membuat mesin lebih tahan. Kemudian, dengan formulasi Ignition Boost, Pertamax Turbo juga dapat membuat mesin lebih responsif.

Harga Pertamax Turbo juga cukup terjangkau. Untuk melihat informasi terbaru dari harga Pertamax Turbo, Anda dapat mengunduh aplikasi MyPertamina di App Store untuk pengguna iPhone atau Google Play untuk Android atau situs resminya di MyPertamina.

TOP UP

Top Up balance di akun MyPertamina anda melalui berbagai pilihan bank dengan cara:

 

1. Buka aplikasi MyPertamina

2. Pilih menu top-up

3. Klik tambah saldo

4. Isi jumlah saldo, masukkan pin, klik kirim

5. Dapatkan kode pembayaran, copy

6. Pilih bank dan ikuti instruksinya


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

REDEEM POINTS

Poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang bisa anda dapatkan di aplikasi MyPertamina


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

AKTIVASI

Aktivasi akun MyPertamina anda dengan cara yang sangat mudah:

 

1. Download aplikasi MyPertamina di Playstore / Appstore

2. Registrasi dan lengkapi data diri

3. Aktifkan LinkAja melalui aplikasi MyPertamina

4. Aplikasi MyPertamina siap digunakan


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.