4 Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Mogok di Jalan

ketika mobil mogok di jalan

Mobil mogok di tengah perjalanan sering kali membuat pengemudi kebingungan. Apalagi jika hal ini terjadi di tengah jalanan yang sedang macet. Apabila Anda mengalaminya, jangan panik! Berikut ini adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan jika terjebak dalam kondisi mobil mogok:

1. Amankan Posisi Mobil Terlebih Dahulu

Langkah pertama ketika mobil mogok yang perlu Anda lakukan adalah memanfaatkan detik-detik berharga ketika mobil masih bisa bergerak walaupun kecepatannya melambat. Manfaatkan waktu berharga ini untuk memposisikan mobil ke tempat yang lebih aman, sehingga tidak menghalangi kendaraan lain.

Tempatkan mobil di pinggir jalan terlebih dahulu agar Anda dapat leluasa melakukan pengecekan. Selain itu, jangan lupa untuk menaruh tanda segitiga pengaman di belakang mobil untuk memberikan pertanda kalau mobil Anda sedang mengalami masalah.

2. Lakukan Pengecekan Pada Lampu Indikator Dashboard

Setelah berhasil menepikan mobil dan memberikan tanda, kini saatnya Anda melakukan pengecekan pada indikator untuk mendeteksi masalah apa yang sedang terjadi pada mobil mogok. Jika lampu yang berbentuk termometer menyala, hal ini berarti mobil Anda mengalami overheat, sedangkan jika lampu berbentuk aki yang menyala maka masalah ada pada aki.

3. Mobil Mogok Karena Overheat

Setelah menelaah masalah yang menjadi penyebab mobil mogok dari lampu indikator, jika terjadi karena overheat, maka yang harus Anda lakukan berikutnya adalah menunggu selama kurang lebih 20 menit hingga radiator dingin. Jangan sampai gegabah langsung membukanya sebab Anda bisa terkena semburan air panas.

Ketika mobil sudah mendingin, Anda bisa melakukan pengecekan pada radiator. Jika volume air radiator kurang, Anda bisa menambahkannya dengan air biasa ataupun air coolant. Setelahnya, Anda bisa mencoba menyalakan mesin mobil kembali.

4. Mobil Mogok Karena Komponen Pengapian

Jika mobil mogok bukan dikarenakan overheat, besar kemungkinan mobil mogok tersebut dikarenakan komponen pengapian tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda bisa coba mencabut salah satu kabel busi dan menempelkan body busi tersebut ke mesin mobil dan nyalakan mesinnya. Jika ada percikan api, maka komponen pengapian mobil Anda masih berfungsi dengan baik. Jika tidak, Anda bisa membersihkan busi tersebut dengan sikat atau ampelas dan mencobanya kembali.

Itulah tadi 4 langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika terjebak dengan situasi mobil mogok di tengah waktu berkendara. Tidak lupa, untuk menghindari mobil Anda mogok di tengah perjalanan, lakukan pengecekan kondisi mobil dan selalu pastikan untuk mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina terdekat dari lokasi Anda terlebih dahulu.

Untuk memudahkan para pengendara, saat ini Pertamina telah menyediakan platform untuk mengakses informasi terkait lokasi SPBU terdekat berdasarkan lokasi secara mudah dan cepat. Untuk mengetahui informasi lokasi SPBU terdekat dan harga BBM Pertamina secara lebih lanjut, kunjungi laman resmi Pertamina atau dengan mengunduh aplikasi MyPertamina melalui smartphone Anda.

TOP UP

Top Up balance di akun MyPertamina anda melalui berbagai pilihan bank dengan cara:

 

1. Buka aplikasi MyPertamina

2. Pilih menu top-up

3. Klik tambah saldo

4. Isi jumlah saldo, masukkan pin, klik kirim

5. Dapatkan kode pembayaran, copy

6. Pilih bank dan ikuti instruksinya


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

REDEEM POINTS

Poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang bisa anda dapatkan di aplikasi MyPertamina


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

AKTIVASI

Aktivasi akun MyPertamina anda dengan cara yang sangat mudah:

 

1. Download aplikasi MyPertamina di Playstore / Appstore

2. Registrasi dan lengkapi data diri

3. Aktifkan LinkAja melalui aplikasi MyPertamina

4. Aplikasi MyPertamina siap digunakan


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.