Ternyata, Begini 7 Cara Ampuh untuk Hindari Mobil Overheat!

cara ampuh hindari mobil overheat

Ketika musim panas telah tiba, ini artinya Anda perlu waspada dampak musim panas terhadap kendaraan Anda. Panasnya temperatur udara dan edaran cahaya matahari langsung kepada mobil dapat menyebabkan mobil overheat. Terjadinya overheat tentu wajib dihindari atau mobil Anda perlu menghabiskan cukup banyak waktu dan biaya di dalam bengkel karena overheat membahayakan seluruh komponen utama pada mobil.

Penyebab terjadinya overheat pada mobil biasanya dipicu oleh kerusakan pada radiator. Yang paling umum adalah ketika kipas pada radiator rusak, sehingga sirkulasi pada bagian tersebut gagal dan otomatis panas akan mengendap.

Hal lainnya juga bisa disebabkan oleh tutup radiator yang rusak karena tutup radiator memiliki peran vital mengatur tekanan bar pada radiator. Terakhir, bisa juga overheat terjadi karena radiator mengalami kebocoran sebab telah terjadi korosi pada bagian sisi radiator sehingga cairan yang berada di dalam radiator melebar ke semua bagian komponen mobil.

Lalu, bagaimana caranya agar Anda dapat mencegah mobil overheat? Simak 7 Cara ampuh berikut ini.

1. Cek Radiator

Ini mungkin jadi langkah utama agar mencegah segala hal yang akan terjadi mengenai mobil overheat. Kerusakan yang terjadi pada radiator umumnya menjadi sumber utama penyebab terjadinya overheat. Untuk itu, selalu cek kondisi radiator, dan jangan lupa ketika sudah mencapai angka 40.000 mile, itu berarti saatnya mengganti radiator.

2. Gunakan Pengaturan Udara Segar Pada AC

Sebaiknya, ketika Anda menyalakan AC, pada 10 menit pertama setelah dinyalakan, ubah pengaturan AC ke pengaturan udara segar. Hal ini membantu menyirkulasi udara panas yang mengendap pada bagian-bagian mobil. Setelah itu, Anda bisa mengganti pengaturan AC menjadi normal kembali.

3. Sesuaikan Oli Mesin dengan Rekomendasi yang Cocok

Oli pada mesin mampu menjadi penyebab mesin overheat. Jika oli yang digunakan tidak sesuai dengan rekomendasi yang diperuntukkan pada mobil, performa yang kurang optimal pada mesin karena harus bekerja lebih keras mampu memicu terjadinya overheat. Dengan oli yang tepat, mesin tak akan mempunyai beban yang berlebihan.

4. Nyalakan Ventilasi Lantai Mobil

Kebanyakan orang menyalakan ventilasi bagian atas. Ketika pertama kali akan berkendara, sebaiknya gunakan ventilasi bagian bawah mobil untuk membantu sirkulasi udara yang terjadi pada bagian komponen mesin agar tidak ada udara panas yang terjebak di bagian-bagian tertentu.

5. Perhatikan Suhu Mobil

Fitur ini jelas didesain untuk mencegah mobil overheat. Anda perlu dengan cermat ketika berkendara di udara panas untuk sesekali melirik pada temperatur udara ini.

6. Parkirkan Mobil di Tempat yang Teduh

Sebelum berkendara, ada baiknya kendaraan telah diparkir pada tempat yang tidak terkena sengatan matahari langsung. Teriknya sinar matahari yang menancap langsung ke bagian mobil dapat memicu terjadinya mobil overheat saat dikendarai karena kondisi mobil telah berada di suhu yang panas.

7. Tambahkan Coolant

Radiator Coolant merupakan cairan pendingin yang diformulasikan untuk menyerap panas pada mobil, sehingga terhindar dari korosi dan karat. Saat musim panas, cairan di radiator ada baiknya ditambahkan coolant untuk meminimalkan potensi terjadinya overheat pada mobil. Perlu diingat bahwa, panasnya terik matahari merupakan musuh utama kasus overheat karena cuaca yang begitu panas.

Itu dia 7 cara ampuh untuk menghindari penyebab mobil overheat. Agar performa dan perawatan lebih optimal Anda juga dapat menggunakan Pertamax Turbo, yang hadir dengan harga BBM Pertamina relatif terjangkau.

Performa mobil yang menggunakan Pertamax Turbo akan tetap terjaga karena formulasi Ignition Boost yang membuat mesin lebih responsif serta kadar karbonnya yang sangat rendah. RON tertinggi 98 serta kandungan sulfur di bawah 50 menjaga mesin dari karat, membuat mesin lebih tahan lama, mobil dari kondisi overheat karena performa mesin dipacu oleh Pertamax Turbo memiliki respons yang sempurna. Yuk, ketahui selengkapnya mengenai keunggulan dan harganya di sini atau dengan mengunduh aplikasi MyPertamina melalui smartphone Anda.

TOP UP

Top Up balance di akun MyPertamina anda melalui berbagai pilihan bank dengan cara:

 

1. Buka aplikasi MyPertamina

2. Pilih menu top-up

3. Klik tambah saldo

4. Isi jumlah saldo, masukkan pin, klik kirim

5. Dapatkan kode pembayaran, copy

6. Pilih bank dan ikuti instruksinya


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

REDEEM POINTS

Poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang bisa anda dapatkan di aplikasi MyPertamina


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

AKTIVASI

Aktivasi akun MyPertamina anda dengan cara yang sangat mudah:

 

1. Download aplikasi MyPertamina di Playstore / Appstore

2. Registrasi dan lengkapi data diri

3. Aktifkan LinkAja melalui aplikasi MyPertamina

4. Aplikasi MyPertamina siap digunakan


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.