Bagaimana Caranya Agar BBM yang Anda Gunakan Bisa Ramah Lingkungan? Berikut Penjelasannya!

bbm ramah lingkungan

Menjaga lingkungan sepatutnya dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, termasuk Anda para pengendara. Faktanya, dengan secara bijak memperhatikan proses pembakaran dan pemilihan BBM, Anda sudah dapat menunjang kualitas udara yang lebih baik.

Ingin tahu caranya membuat pembakaran BBM ramah lingkungan? Langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Pilihlah yang Kandungan Oktannya Tinggi

Kandungan oktan yang tinggi sering dipahami dapat membuat performa kendaraan jadi semakin baik serta kebersihan mesin terjaga. Kedua hal ini sangatlah benar. Namun, tahukah Anda bahwa kandungan oktan yang tinggi dapat jadikan BBM ramah lingkungan?

Penyebab BBM oktan tinggi ramah lingkungan terbagi ke dalam dua jenis. Yang pertama adalah tidak adanya kandungan timbal pada cairan BBM. Kemudian, yang kedua, BBM beroktan tinggi mampu pastikan pembakaran jadi lebih efisien.

2. Gunakan BBM dengan Sulfur yang Rendah

PT Pertamina (Persero) menawarkan berbagai jenis BBM dengan sulfur yang rendah yang sesuai dengan standar EURO. Untuk Pertamax Turbo, misalnya jumlah sulfur hanyalah <50 ppm, sehingga sesuai dengan standar EURO 4. Tak hanya itu saja, kandungan sulfur ini menjadikan Pertamax Turbo sebagai salah satu BBM dengan sulfur yang sangat rendah di Indonesia.

Sama seperti nilai oktan yang tinggi, kandungan sulfur yang rendah mampu menjaga kesehatan mesin Anda. Tapi, perlu diketahui juga bahwa BBM yang rendah sulfur juga akan membuat emisi yang dikeluarkan knalpot akan lebih ramah lingkungan.

3. Rencanakan Rute Perjalanan

Selain pemilihan BBM, kebiasaan mengendara nyatanya juga punya andil dalam menentukan apakah BBM ramah lingkungan atau tidak. Sebagai contoh, bila Anda adalah salah satu yang tidak suka merencanakan rute perjalanan, bisa jadi hal ini menyebabkan Anda mengendarai kendaraan secara tidak perlu.

Sederhananya, Anda perjalanan yang tidak perlu sebaiknya tidak usah dilakukan demi menghindari boros pembakaran BBM lebih banyak yang dapat berdampak pada lingkungan.

4. Kurangi Berat Kendaraan

Jika pernah membeli kendaraan, pasti Anda paham betul bahwa ada rekomendasi batas beban yang bisa ditampung oleh kendaraan. Selain untuk menghindari mesin rusak, hal ini juga bertujuan agar proses pembakaran berjalan lebih efektif.

Jika tidak diperhatikan, pembakaran jadi boros atau semakin banyak BBM yang terbuang. Kondisi ini tentu bisa menghambat BBM ramah lingkungan.

5. Service Secara Berkala

Menyayangi lingkungan bisa diawali dengan menyayangi kendaraan Anda. Apabila kendaraan memiliki mesin yang masih berfungsi optimal, penggunaan BBM pun akan lebih normal. Sebaliknya, bila kendaraan jarang diperiksa, bisa jadi mesin sedang dalam keadaan tidak baik dan malah membuat proses pembakaran jadi lebih ekstra.

Tak hanya itu saja, service secara berkala juga dapat bantu memastikan oli mesin dan filter udara dalam keadaan baik. Kedua hal ini juga bisa mempengaruhi kualitas emisi yang dikeluarkan oleh kendaraan.

Demikian tadi cara yang bisa Anda lakukan guna membuat BBM ramah lingkungan. Pada dasarnya, agar emisi BBM bisa tidak mengganggu kualitas udara, Anda perlu memperhatikan kebiasaan berkendara serta melakukan service secara teratur. Kemudian, upayakan juga agar memilih BBM yang memang sesuai dengan kendaraan Anda, bukan hanya mempertimbangkan harganya saja.

Bila kendaraan Anda memiliki rasio kompresi 11:1 sampai 13:1, jadikan Pertamax Turbo sebagai pilihan Anda. Pertamax Turbo memiliki RON (research octane number) yang tinggi, yakni 98, dan dengan kandungan sulfur yang sangat rendah, yakni di bawah 50 ppm. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kedua hal ini bisa bantu BBM jadi lebih ramah lingkungan.

Selanjutnya, saat menggunakan Pertamax Turbo, Anda juga akan merasakan peningkatan pada performa mesin yang datangnya dari teknologi Ignition Boost Formula (IBF). Formula ini memastikan mesin jadi lebih responsif sehingga performa kendaraan semakin sempurna.

Dapatkan Pertamax Turbo di SPBU terdekat di wilayah Anda. Temukan lokasinya sekarang juga dengan mengakses aplikasi MyPertamina yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

TOP UP

Top Up balance di akun MyPertamina anda melalui berbagai pilihan bank dengan cara:

 

1. Buka aplikasi MyPertamina

2. Pilih menu top-up

3. Klik tambah saldo

4. Isi jumlah saldo, masukkan pin, klik kirim

5. Dapatkan kode pembayaran, copy

6. Pilih bank dan ikuti instruksinya


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

REDEEM POINTS

Poin yang telah terkumpul dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang bisa anda dapatkan di aplikasi MyPertamina


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.

AKTIVASI

Aktivasi akun MyPertamina anda dengan cara yang sangat mudah:

 

1. Download aplikasi MyPertamina di Playstore / Appstore

2. Registrasi dan lengkapi data diri

3. Aktifkan LinkAja melalui aplikasi MyPertamina

4. Aplikasi MyPertamina siap digunakan


Untuk keterangan lebih lanjut silahkan klik disini.