Articles

Bahaya Bensin Eceran Bagi Mesin Kendaraan

Bahaya Bensin Eceran Bagi Mesin Kendaraan. Mungkin Anda pernah mengalami indikator BBM menyala saat dalam perjalanan, namun tidak menemukan SPBU Pertamina. Lalu Anda menemukan solusi untuk mengisi bensin eceran agar kendaraan Anda tidak mati.

Padahal bensin eceran bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi masalah indikator BBM menyala. Karena terdapat bahaya bensin eceran yang wajib dihindari. Bahaya tersebut terdapat pada kualitas BBM yang tidak terjamin dikarenakan penjual tidak memiliki izin resmi dari PT Pertamina (Persero).

Apa sajakah bahaya bensin eceran? Berikut ini adalah beberapa bahaya dari bensin eceran.

1. Risiko BBM Campuran

Sperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa kualitas BBM dari bensin eceran tidak terjamin. Kalau disetiap SPBU Pertamina, kualitas dari BBM pasti terjamin karena selalu ada pengecekan sedangkan bensin eceran tidak. Dikarenakan tidak adanya pengecekan, membuat penjual bensin eceran bebas untuk mencampur BBM yang dijualnya.

Para oknum biasanya mencampur BBM murni dengan bahan-bahan yang tidak biasa untuk digunakan sebagai bahan bakar kendaraan. Para oknum menggunakan sedikit BBM murni dan dicampur dengan BBM yang berkualitas rendah, bahkan lebih parahnya mencampur dengan air atau minyak mentah.

2. Turunnya Kualitas BBM

Walaupun sebagian penjual tidak mencampur BBM yang dijualnya. Ada kemungkinan juga BBM mengalami penurunan kualitas. Hal itu disebabkan oleh BBM yang berada di botol kaca terkena langsung dengan sinar matahari. Perlu Anda ketahui bahwa hal itu menyebabkan perubahan komposisi kimiawi berubah, sehingga membuat BBM mengalami penurunan kualitas.

3. Bagian Mesin Menjadi Berkerak

Karena BBM campuran atau adanya perubahan komposisi kimiawi pada BBM. Hal itu menyebabkan kerak yang timbul di beberapa bagian mesin, seperti klep, piston, kepala silinder, dan lainnya. Sehingga hal ini nantinya akan menyebabkan mesin menjadi ngelitik atau knocking.

4. Kerusakan Pada Pompa Bensin

Bensin eceran yang tidak murni dan kualitasnya rendah akan merusak pompa bensin kendaraan Anda. Pompa bensin memiliki tugas yang cukup penting, yakni untuk membawa bensin dari tangki ke rel bahan bakar pada mesin kendaraan. Nantinya, bensin akan disemprotkan ke intake port untuk menjalani fungsinya.

Apabila mengalami kerusakan, tentu saja pompa bensin tidak akan menjalankan fungsi tersebut dan Anda wajib membenahinya. Menyelesaikan masalah ini membutuhkan dana yang cukup banyak.

5. Kerusakan yang Membutuhkan Turun Mesin

Bukan hanya knocking atau kerusakan pompa bensin, mesin pun bisa mengalami kerusakan yang lebih fatal. Saat di jalan, kendaraan mungkin mogok dan mengharuskan Anda ke bengkel untuk melewati proses overhaul atau turun mesin. Proses inspeksi ini juga akan membutuhkan dana yang mahal.

Sekian tadi adalah beberapa bahaya menggunakan bensin eceran untuk kendaraan Anda. Meskipun berada di mana-mana, bensin eceran juga memiliki berbagai bahaya. Pastikan Anda selalu mengisi BBM di tempat yang dapat dijamin kualitas BBM yang dijualnya, sepert SPBU Pertamina. Carilah pom bensin terdekat, namun sudah terjamin kualitasnya.

Selain menjual berbagai variasi BBM yang terjamin kualitasnya, SPBU Pertamina biasanya menyediakan berbagai fasilitas tambahan, seperti ATM center, mushola, minimarket, toilet, dan lainnya. Jadi gunakan SPBU Pertamina karena selain kualitasnya terjamin, terdapat juga fasilitas yang dapat digunakan.

Temukan pom bensin terdekat di wilayah Anda sekarang juga dengan mengakses aplikasi MyPertamina. Download sekarang juga di Google Play Store (Android) dan juga Apple App Store (iPhone). Semoga bermanfaat!