Articles

6 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Posisi Berkendara Tetap Nyaman Meski Menempuh Jarak Jauh

Published at: 26-Jul-2021

Posisi berkendara nyaman sangat diperlukan bagi pengemudi sepeda motor yang sedang menempuh jarak jauh.  Pasalnya, posisi tubuh yang nyaman dapat mencegah Anda dari rasa lelah yang berlebih dan tetap aman selama di perjalanan.

Tidak sulit untuk menerapkan posisi berkendara nyaman saat menempuh jarak yang jauh, asalkan Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Tips Posisi Berkendara Motor yang Nyaman untuk Jarak Jauh

1. Posisi Duduk yang Ideal

Tips posisi berkendara motor yang nyaman pertama, yaitu cari posisi paling enak dan nyaman.  Caranya dengan berdiri sebentar dan kemudian duduk. Pastikan Anda duduk dengan nyaman di bagian jok pengemudi, jangan sampai terlalu jauh sampai ke jok penumpang.

Dengan duduk nyaman akan lebih mudah untuk menyeimbangkan posisi sepeda motor, Anda jadi tidak mudah lelah, dan memudahkan menggerakkan kaki maupun lengan.

2. Buatlah Posisi Tubuh Rileks

Duduk dengan posisi membungkuk sepanjang perjalanan jarak jauh justru membuat tubuh jadi lebih mudah lelah. Namun, duduk dengan posisi tubuh tegak dan rileks tubuh jadi tidak cepat lelah saat berkendara jarak jauh dan jadi lebih mudah menyeimbangkan kendaraan sepeda motor saat membelokkan atau bermanuver di berbagai situasi jalan.

3. Perhatikan Posisi Tangan dan Lengan

Untuk membuat posisi berkendara nyaman, hal yang perlu diperhatikan juga, yaitu hindari lengan terlalu lurus saat memegang stang motor.  Tekuk sedikit siku agar tangan dan pundak tidak mudah lelah saat berkendara dan melakukan pengereman.

Saat memegang stang jari juga perlu diperhatikan. Pastikan menggunakan empat jari untuk memegang stang agar posisi berkendara nyaman dan aman. Penerapan pengereman dengan empat jari juga mengurangi kesalahan pada saat pengereman.  Jika mengerem dengan empat jari gasnya akan turun. Sementara jika hanya dua jari, gas biasanya hanya tertahan.

4. Pandangan Mata Lurus ke Depan

Pandangan harus lurus ke depan. Jika ingin melihat ke kiri atau ke kanan boleh saja asal hanya sepersekian detik. Ketika ingin belok hindari hanya mengandalkan kaca spion sebab kaca spion tidak sepenuhnya  bisa mencakup kendaraan di samping belakang.

5. Pastikan Posisi Lutut ke Depan dan Rapat

Selanjutnya, posisi berkendara nyaman perlu memastikan lutut diarahkan ke depan dengan posisi yang rapat. Posisi lutut yang rapat akan memudahkan mengontrol sepeda motor dan cenderung lebih aman saat berkendara.

Pada pengguna motor tangki, posisi lutut menempel di tangki motor. Sementara bagi pengendara motor matik atau bebek lutut agak masuk ke dalam sayap motor agar lebih sesuai dengan lebar bodi motor.

6. Perhatikan Posisi Kaki

Menerapkan posisi berkendara nyaman tidak boleh melupakan posisi kaki. Pastikan saat berkendara kaki diletakkan pada footstep pengendara dengan benar dan penuh. Hindari menginjak hanya di pinggir footstep.

Tidak sulit bukan menerapkan posisi berkendara motor nyaman di atas? Selain memperhatikan posisi berkendara nyaman, saat tubuh benar-benar lelah, jangan memaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Sebaiknya Anda istirahat dulu untuk memulihkan tenaga dan segar kembali. Dengan begitu, Anda bisa tetap berkonsentrasi saat berkendara.

Saat di perjalanan jarak jauh rasa lelah datang, Anda bisa beristirahat di SPBU terdekat milik Pertamina. Di sana terdapat Bright Store yang memiliki fasilitas nyaman untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Bright Store merupakan one stop service yang menyediakan beragam layanan jasa dan produk untuk kendaraan maupun kebutuhan masyarakat. Di Bright Store, Anda bisa menikmati free wifi dan membeli makanan dan minuman cepat saji serta produk berkualitas lainnya.